Aturan Baru F1 Soal Girboks dan 'Jam Malam'

by - 11:46 AM


Kembali FIA menelurkan regulasi baru untuk musim 2011. Selain memperpanjang usia pakai girboks, otoritas otomotif dunia itu juga membatasi jumlah pekerja malam di masing-masing tim.

Dalam Sporting Regulation untuk musim 2011 yang dipublikasikan pada Senin (13/12/2010) waktu setempat, FIA memberikan penjabarabn terkait pemberlakuan jam malam.

Disebutkan kalau masing-masing tim tidak diperbolehkan melakukan "segala pekerjaan yang berkaitan dengan operasional mobil" di akhir pekan jelang sesi latihan bebas.

Jam malam mulai diberlakukan mulai tengah malam hingga pukul 6.00 pagi saat sesi latihan dimulai pukul 10.00. Sementara jika sesi latihan bebas dimulai pukul 11.00, jam malam diberlakukan mulai pukul 1.00 hingga 7.00 pagi.

"Akan tetapi, masing-masing tim akan mendapat inzin untuk empat orang individual sebagai pengecualian hal di atas sepanjang musim kompetisi," demikian diungkapkan FIA sebagaimana dikutip ESPNF1.

Aturan anyar lain yang akan diberlakukan mulai musim 2011 terkait penggunaan girboks. Jika pada musim ini ada aturan yang mengharuskan girboks dipakai untuk empat balapan, maka musim depan usia pakainya ditambah menjadi lima balapan. Selain itu setiap pembalap punya satu kesempatan sekali mengganti girboks di luar jadwal tanpa terkena sanksi.

You May Also Like

0 komentar