Vintage Rally

by - 6:10 PM

 

Balapan mobil rally sendiri didirikan sejak tahun 1895, awal mulanya rally sendiri tidak memiliki lintasan balap sendiri sehingga pada saat itu jalanan-jalanan desa digunakan sebagai trek balap, pada zamanya rally dianggap sebagai olahraga balap yang sangat berbahaya.

Delapan tahun setelah balapan rally diadakan, balapan rally sempat dilarang keras oleh pemerintah karna banyak pembalap yang mengalami cedera dan juga kematian di lintasan balap, sehingga pada tahun 1907 tepatnya di inggris dibangun track balap untuk rally yang kemudian rally sendiri berubah konsep yang sebelumnya semua orang bebas ikut menjadi sebuah acara balap yang terkonsep yaitu WRC.

Apa itu WRC?

WRC merupakan kejuaraan rally dunia, dengan nama resmi FIA World Rally Championship yang dibentuk oleh FIA Fédération Internationale de l'Automobile pada tahun 1973.

Pada saat itu 183 negara ikut berpastisipasi dalam acara bergensi ini, dan terbentuklah grup atau kelas pada acara tersebut pada saat itu grup hanya dibagi menjadi 2 yaitu grup A dan B

Syarat pada mobil yang diperboleh mengikuti perlombaan tersebut adalah two-litre four-cylinder cars, but feature turbochargers, anti-lag systems, four-wheel-drive, sequential gearboxes (paddle shift), aerodynamic parts dan lainnya yang membuat biaya memodifikasi mobil WRC sebesar $ 1 juta.

Di tahun 1980 an mobil 4WD atau penggerak 4 roda sempat digantikan dengan penggerak 2 roda namun pada pihak manufaktur sponsor mengatakan bahwa itu terlalu komplek, sehingga di tahun 1982 pada Grup B mengeluarkan sebuah regulasi yaitu AWD harus menjadi standard mobil rally pada saat itu.

Tokoh Legenda Rally

Tommi Makinen. Makinen merupakan juara dunia rally dari musim 1996-1999, makinen merupakan pereli yang sangat sulit untuk dikalahkan diajang per rally an sehingga makinen mendapatkan apresiasi tinggi oleh pabrikan asal jepang yaitu mitsubishi.

Marcus Gronholm, pereli ini berasal dari Finlandia, gronholm memiliki banyak prestasi diajang rally salah satunya juara WRC berturut-turut dari tahun 2000-2002 Bersama tim peugeot.

Juha Kankkunen, pembalap ini berasal dari Finlandia perlu diketahui bahwa kankkunen tercatat telah mengikuti perlombaan sebanyak 150 event baik yang resmi dari FIA maupun non resmi FIA bahkan Kakkunen telah bergabung Bersama tujuh tim reli dalam waktu 17 tahun yaitu Toyota, Peugeot, Lancia, ford, Subaru, Hyundai, dan Kembali ke Ford.

You May Also Like

0 komentar