Cornering

by - 6:10 PM

    

 

Cornering adalah keahlian untuk melewati berbagai bentuk tingkungan dengan kecepatan  optimal  secara aman, bagi sebagian orang cornering identik dengan balapan seperti moto gp.

Istilah-Istilah dalam Cornering

Turn In adalah saat kita akan mulai memasuki tikungan atau corner. Ketika turn in kita akan melakukan deselerasi kecepatan, down shifting atau menurunkan gear (sebagian orang menyebutnya kopling) lalu mulai memasuki tikungan dengan sisa tenaga dari motor.

Apex adalah sisi terdalam dari tikungan atau corner. Kalau kita bisa mendapatkan apex dengan benar kita juga bisa mencapai kecepatan yang maksimal ketika keluar dari tikungan

Target Fixation atau Eye Point adalah posisi pandangan yang benar ketika melakukan atau dalam kondisi cornering. Target fixation yang benar akan mengurangi resika kita kaget atau ragu-ragu ketika kita melihat ada kendaraan atau pengendara lain yang ada di depan kita. 

Exit Corner adalah titik keluar akhir dari tikungan atau corner.

Teknik Cornering

  1. Proses pertama ada Turn In dengan menggunakan rem dan menurunkan grip gas, turunkan kecepatan sebelum motor mencapai tikungan
  2. Bawa /arahkan motor dari bagian luar jalan terlebih dahulu untuk kemudian menuju sisi dalam tikungan (out to in). 
  3. Geser titik beban tubuh ke bagian dalam tikungan yang akan kita lewati. 
  4. Tengokan/putar kepala kita (bukan hanya melirik dengan mata) kedalam tikungan dan arahkan pandangan lebih jauh kedepan ke bagian jalan yang ingin anda lewati.
  5. Saat kita mulai menengokkan kepala, tekan setang motor ke arah mana ingin menikung.
  6. Ketika motor mulai merebah untuk menikung, buka sedikit grip gas dengan lembut teratur untuk menjaga kecepatan motor supaya tidak terus melambat (deselerasi).
  7. Saat motor sudah memasuki titik keluar tikungan, pindahkan kembali berat badan ke tengah jok.
  8. Selesai keluar tikungan , silahkan buka kembali grip gas untuk berakselerasi.

You May Also Like

0 komentar