Low Cost Green Car

by - 6:10 PM

 Apa itu LCGC?

LCGC adalah singkatan dari Low Cost Green Car, sebuah program dari pemerintah yang mengatur tentang kendaraan harga ekonomis serta ramah lingkungan.

Tujuan program ini adalah mengembangkan kendaraan harga terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah, serta bermesin ramah lingkungan.  

Umumnya, mobil LCGC dibanderol pada kisaran tak melebihi Rp 170 jutaan, dengan spesifikasi dasar yang telah ditentukan pemerintah. 

Masalah yang kerap terjadi pada mobil LCGC

Getaran pada mobil

Jika mobil terasa terlalu bergetar saat dipacu pada RPM tinggi, maka itu adalah hal wajar. Sebab, mayoritas LCGC menggunakan mesin 3 silinder yang akan bekerja keras jika dipacu dalam kecepatan tinggi.

AC Mobil Kurang Dingin

Pemilik mobil LCGC disarankan untuk memeriksa kembali, apakah ada kebocoran pada freon, filter AC yang tersumbat, bagian AC yang kotor, atau mungkin extra fan yang berputar tidak secara sempurna. Selain itu, pemilik juga disarankan untuk tak parkir di bawah terik matahari agar bisa mendinginkan kabin lebih cepat saat AC dihidupkan.

Suara Mesin Kasar

Masalah ini juga biasa dialami oleh mobil bukan LCGC. Biang keroknya ada pada penggunaan bahan bakar. Kemungkinan, pemilik menggunakan bahan bakar dengan oktan di bawah standar yang ditentukan oleh pabrikan.

Rem Mobil Berbunyi dan Bergetar

Tak jarang juga rem pada mobil LCGC berbunyi sekaligus bergetar saat diinjak. Jika mengalami hal demikian, sebaiknya jangan tunda untuk memeriksakannya ke bengkel resmi. Pasalnya, bisa saja ada masalah pada kampas rem yang sudah harus diganti atau pada cakram rem mobil.

Mesin Overheat

Untuk mengantisipasi hal ini, ada baiknya untuk menganti air radiator secara berkala. Sebab, jika jarang atau bahkan tidak pernah diganti bisa menimbulkan kerak yang menghambat saluran radiator dan mesin pun menjadi panas.


KELEBIHAN LCGC

Ramah pengemudi pemula

Dari segi harga, harga LCGC yang ada di kisaran Rp100 jutaan tepat bagi Anda yang ingin membeli mobil untuk pertama kali. Dari segi pilihan, variasinya tak kalah beragam.

Dimensi kendaraan lebih compact

Dengan dimensi yang compact, mobil LCGC cukup lincah untuk dipakai sehari-hari, apalagi di kondisi jalanan kota yang umumnya padat dan macet.

Hemat bahan bakar

salah satu syarat utama sebuah produk kendaraan masuk ke segmen ini adalah ramah lingkungan (green car). Maksudnya adalah, penggunaan bahan bakar harus seefisien mungkin agar tidak terlalu banyak menimbulkan polusi. 

Durabilitas

LCGC telah dirancang sedemikian rupa agar bisa awet dan teruji kualitasnya. Durabilitas kendaraan LCGC pun akan semakin panjang sebab didukung perawatan mudah serta ketersediaan suku cadang. 


Daftar dari mobil yang tergolong LGCG

  • Toyota Calya, 
  • New Daihatsu Sigra, 
  • New Toyota Agya, 
  • Daihatsu Ayla,
  • Suzuki Karimun Wagon R, 
  • Suzuki Karimun Wagon R GS, 
  • Honda Brio Satya,
  • Datsun Go Panca, dan 
  • Datsun Go+

You May Also Like

0 komentar