Warna Renault Bermasalah di Kanada

by - 7:59 AM


Mulai tahun ini, Renault akan tampil dengan nama baru, Lotus Renault GP, dan juga warna mobil baru. Tapi rupanya warna mobil mereka bisa bikin masalah di Kanada.

Di musim 2011, dua mobil Lotus Renault akan dikelir warna hitam dan emas. Ini adalah warna yang pernah dipakai oleh tim Lotus di era 1970 dan 1980-an.

Warna hitam dan emas itu digunakan sebagai promosi rokok John Player, yang punya kemasan dengan warna serupa. Nah, inilah yang kemudian membelit Lotus Renault dalam masalah tahun ini.

Rupanya, kemiripan warna mobil Lotus Renault dengan kemasan rokok itu dianggap melanggar Undang-undang Tembakau yang berlaku di Kanada. Yang jadi masalah, Kanada menjadi salah satu negara penyelenggara seri tahun ini, yakni pada 12 Juni 2011.

Seperti dikutip Auto 123 Racing, seorang pejabat kesehatan Kanada menyatakan, bila ada mobil F1 yang mirip kemasan rokok di Sirkuit Gilles Villeneuve, maka, "Pengawas tembakau harus menilai secara penuh apakah telah terjadi pelanggaran terhadap UU Tembakau."

Sementara, pihak Imperial Tobacco, produsen rokok John Player, menyayangkan situasi ini. Mereka mempertanyakan apakah Lotus Renault menyadari tentang pelanggaran ini atau tidak.

"Secara kategoris, adanya kemiripan dengan kemasan rokok itu melanggar hukum. Jika kami jadi Lotus (Renault), maka kami pasti khawatir. Saya bertanya-tanya apakah mereka tahu perihal hukum di Kanada," kata seorang jubir Imperial.

You May Also Like

0 komentar