Ducati Desmosedici GP11: Mesin dan Aerodinamika Baru

by - 12:04 AM


Musim balap MotoGP 2010 Ducati Desmosedici kurang kompetitif dan bertaji sehingga hasilnya kurang memuaskan meskipun Casey Stoner mampu mencuri podium di beberapa seri.
MotoGP 2011 Ducati tanpa Stoner, gantinya adalah sang fenomenal Valentino Rossi, yang berduet dengan Nicky Hayden.
Pabrikan asal Italia ini, semalam (12/1), memperkenalkan tunggangan baru bernama Ducati Desmosedici GP11.
Sepeda motor ini diracik Filippo Preziosi selaku Ducati Corse Director. Dia mengungkapkan, selain desain baru, ada sentuhan teknis seperti aerodinamika dan mesin.
“Perubahan utama adalah di mesin, dirancang untuk mendapatkan torsi lebih baik. Sedangkan perubahan aerodinamika bertujuan mengurangi gesekan sehingga mampu mendapatkan kecepatan maksimal,” cetus Preziosi.
“Chassis dan swing arm memiliki kekakuan yang berbeda. Khusus untuk tes di Sepang akan ada spesifikasi khusus pada suspensinya,” tambah Preziosi.
Selain itu akan ada tes untuk anti-wheelie dan traction control yang akan dilakukan di Sirkuit Jerez pada 17-19 Januari oleh dua pebalap tes Ducati, Franco Battaini dan Vittoriano Guareschi.
“Rossi juga memberi input yang tepat dan mampu menjaga kekompakan tim. Selain itu masukan dari Jeremy Buergues sangat membantu, pula,” tutup Preziosi.

Spesifikasi Desmosedeci GP 2011
Engine : Liquid-cooled, 90 degree, V4 four-stroke, desmodromic DOHC, four valves per cylinder.
Capacity : 799cc
Maximum power : More than 200hp
Maximum speed : In excess of 310 kph/192 mph
Transmission : Six-speed cassette-type gearbox, with alternative gear ratios available. Dry multiplate slipper clutch. Chain final drive.
Carburation : Indirect Magneti Marelli electronic injection, four throttle bodies with injectors above butterfly valves. Throttles operated by EVO TCF (Throttle Control & Feedback) system.
Fuel : Shell Racing V-Power
Lubricant : Shell Advance Ultra 4
Ignition : Magneti Marelli
Exhaust : Termignoni
Final Drive : Regina Chain
Suspension : Öhlins upside-down 48mm front forks and Öhlins rear shock absorber, adjustable for preload, compression and rebound damping.
Tyres : Bridgestone 16.5″ front and rear
Brakes : Brembo, two 320mm carbon front discs with four-piston callipers. Single stainless steel rear disc with two-piston callipers.
Dry weight : 150kg

You May Also Like

0 komentar