Beda Warna untuk Beda Jenis Ban

by - 7:53 AM


Untuk memudahkan penonton membedakan jenis ban yang dipakai di sebuah mobil Formula 1, FIA mengharuskan pemasok ban memberi tanda. Tahun ini, Pirelli membedakannya dengan warna.

FIA sudah pernah mengharuskan Bridgestone untuk melakukan hal itu. FIA ingin agar penonton bisa langsung membedakan mana ban dengan kompon keras dan mana kompon lunak.

Di zaman ban masih beralur, Bridgestone memberi garis di alur tengah untuk menandakan ban lunak. Sementara di era ban gundul (slick), produsen asal Jepang itu menandai ban lunak dengan lingkaran berwarna hijau di tengah ban.

Lantas, apa trik Pirelli, yang tahun ini menjadi pemasok tunggal ban, untuk membantu membedakan jens ban? Koran Finlandia, Turun Sanomat mengabarkan, Pirelli akan memberi warna berbeda di tulisan 'Pirelli P Zero' di bagian pinggir ban.

Tulisan itu akan berwarna merah untuk kompon ekstra lunak (super soft), warna putih untuk ban lunak (soft), warna biru untuk kompon medium dan warna kuning untuk kompon keras.

Warna kuning juga akan dipakai untuk menandai ban basah (full wet), sedangkan ban intermediate bakal dibubuhi tulisan 'Pirelli P Zero' berwarna merah.

You May Also Like

0 komentar