Winglet MotoGP

by - 6:25 PM

 


Sejarah Singkat Winglet

Winglet pertama kali digunakan tim Yamaha pada era 500cc 2 tak, Sayangnya, Saat digunakan dulu, hasilnya kurang signifikan sehingga pengembangannya dihentikan, dan kembali menggunakan fairing biasa pada umumnya.

Di era sekarang Ducati menjadi pioner penggunaan winglet pada MotoGP yang dimulai pada tahun 2010 dan yang paling kentara adalah penggunaan winglet pada tahun 2015 yang dipasangkan kepada motor Desmosedici GP15. yang kemudian diikuti oleh motor lainnya sepertri Yamaha, Honda, Suzuki.

Pada tanggal 11 Septemeber 2016 seusai GP San Marino aturan penggunaan Aerodinamika dipublikasikan dimana untuk fairing atau winglet sudah dilarang untuk seluruh tim yang berlaga pada ajang MotoGP, Moto2, dan Moto3.

Sempat dilarang namun peraturannya diubah, hingga hari ini aturan winglet masih diperdebatkan oleh tim tim MotoGP karena kegunaannya yang tidak terlalu signifikan tetapi tetap saja memberikan keuntungan bagi penggunanya.

Apa Fungsi dari Winglet?

  1. Meningkatkan downforce pada motor
    Dengan menggunakan winglet maka akan memberikan efek gaya tekanan kebawah. Kenapa harus diberi tekanan kebawah? itu dikarenakan pada motoGp mesin yang digunakan memiliki tenaga yang luar biasa sehingga saat akselerasi bisa menyebabakan ban depan terangkat. 
  2. Membantu mendinginkan mesin
    Sebenarnya fungsi yang tidak begitu berarti  dikarenakan sistem pendingin pada MotoGp sudah bisa dibilang cukup baik, namun walaupun demikian bisa sedikit membantu mendinginkan mesin dalam ajang balap MotoGp yang bisa dibilang cukup ketat. Jadi hal sekecil apapun akan sangat berarti bagi para pembalap untuk memaksimalkan akselerasi dari motor-motor tungganganya.
  3. Membantu dalam hal kecepatan dan dapat meningkatkan nilai aerodinamis kendaraan
    Dari segi desain, aerodinamika motor Ketika diberi tambahan winglet akan meningkat. Oleh karena itu dapat meningkatkan performa dari motor tersebut walaupun hanya memberikan efek yang kecil. Namun pada MotoGP semua hal yang kecil tetap berpengaruh terhadap waktu yang ditempuh sehingga penggunaan winglet tetap diperhitungkan.


Source: JagatOtomotif

You May Also Like

0 komentar