Sekilas Tentang Balap GoKart

by - 3:46 PM


Apa Itu Gokart?

Gokart adalah salah satu jenis dari kendaraan roda empat sederhana berskala kecil dengan atap terbuka. Menurut sejarah, gokart pertama kali dibangun di California Selatan pada tahun 1956 oleh Art Ingels. Kecepatan dari gokart bisa mencapai 260 km/jam untuk kelas perlombaan, sedangkan untuk gokart yang biasa ada di taman hiburan untuk masyarakat umum hanya mencapai 24 km/jam saja.


Lalu apakah balapan Gokart Itu?

Adu kecepatan dan ketahanan Gokart pada lintasan tertentu disebut dengan balapan Gokart atau biasa disebut juga dengan Karting (Kart Racing). Balapan Gokart ini biasanya dijadikan batu loncatan menuju olahraga bermotor yang lebih tinggi tingkatannya seperti Formula maupun Rally.  Karena dengan balap Gokart, dapat menguasai dasar-dasar balapan beserta tekniknya. Hampir semua pembalap ternama mengawali kariernya dari ajang ini, salah satunya pembalap Indonesia, Rio Haryanto dan Sean Gelael.

Sirkuit yang digunakan pada balap Gokart umumnya adalah sirkuit skala kecil. Saat ini Indonesia memiliki sirkuit Gokart yang sangat layak yakni Sentul International Karting Circuit yang terletak di Bogor.


Bagaimana perkembangan balap Gokart di Indonesia?

Kejuaraan balap Gokart di Indonesia antara lain Eshark Karting Indonesia Championship atau yang tahun 2020 ini bernama Eshark Rock Cup Indonesia yang biasa diadakan sebanyak 6 putaran. Pada umumnya, kejuaraan balap Gokart mempertandingkan beberapa kelas, yakni Cadet, Mini, Junior, Senior, Master. Usia paling muda yang dapat mengikuti kejuaraan balap Gokart adalah dari usia 7 tahun ke atas. Dengan demikian, pembinaan usia dini bagi pembalap mobil bisa dimulai dari ajang balap Gokart.



Sumber : Wikipedia 

                http://fastnlow.net/balap-gokart-2020-jajal-sirkuit-kemasan-terbaru/









You May Also Like

0 komentar