Regulasi Berubah, Tim Mapan Tetap Dominan

by - 2:42 PM

Franz Tost (Foto: Ist)
JEREZ – Sejumlah perubahan regulasi di Formula One 2014, dari perubahan mesin hingga poin ganda, diyakini akan mengubah masa depan balapan bergengsi tersebut. Namun, prestasi hanya akan ditorehkan untuk tim-tim yang memiliki uang dan sumber daya berlimpah.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh bos tim Toro Rosso, Franz Tost. Ia yakin tim-tim yang sudah lama tenar, berprestasi dan memiliki kekayaan yang berlimpah, akan tetap mengambil alih musim di tahun ini.

“Saya menduga tim-tim teratas akan tetap berada di depan. Saya tidak berpikir akan ada perubahan besar, terutama saat ini dengan perubahan regulasi yang terjadi, karena mereka (tim-tim teratas) memiliki sumber keuangan yang berlimpah dan tenaga kerja yang fleksibel melakukan perubahan dengan mobil baru. Semakin banyak uang dan sumber daya yang kalian miliki, maka kalian akan semakin sukses,” ucap Tost, kepadaAutosport, Jumat (14/2/2014).

Tentu F1 2014 akan semakin monoton, jika yang dikatakan Tost benar. Terlebih dalam empat tahun terakhir, Sebastian Vettel menjuari Formula One bersama Red Bull. Ajang F1 seakan tidak lagi menjadi ajang untuk talenta-talenta para pembalap, melainkan untuk mobil tercepat yang dihasilkan dari gelontoran uang dan sumber daya yang berlimpah.

Tidak hanya itu, pria asal Austria ini juga pesimis akan adanya perubahan, inovasi yang dilakukan tim lain, dengan regulasi baru. Kejadian Ross Brawn di tahun 2009 lalu, kala membawa tim GP Brawn menggunakan dua knalpot dan memenangkan juara dunia konstruktor, sementara rival lainnya sibuk menggabungkan desain yang ada.

“Saya rasa tidak akan terjadi lagi hal yang serupa. Kejadian tersebut merupakan kejadian khusus karena Brawn memenangkan juara dunia konstruktor dengan menggunakan dua knalpot. Saya rasa tidak akan ada tim yang memberikan inovasi seperti Brawn, tahun ini,” sambung Tost.

You May Also Like

0 komentar