Rally Dakar

by - 6:10 PM

Definisi


Reli Dakar adalah balap reli lintas negara terpanjang dan paling bergengsi di dunia. Pembalap harus menempuh jarak antara 300 dan 800km setiap harinya di kondisi yang dapat berubah-ubah, tahapan balapannya dapat meliputi melintasi bukit pasir atau medan berbatu, jalan berkerikil atau lumpur. Satu hal yang pasti: ban bekerja keras di sepanjang waktu. 

Sejarah


Reli Dakar dianggap sebagai salah satu balapan reli off-road terberat di dunia.
Sejarahnya berawal dari rider Thierry Sabine pada tahun 1977.Ketika dia tersesat di Gurun Libya saat mengambil bagian dalam Reli Abidjan-Nice. Terinspirasi oleh perjalanannya yang tak disengaja. Thierry berjanji akan mengenalkan ke orang banyak untuk menikmati pemandangan bukit pasir. Dirinya menentukan rute yang dimulai di Eropa, dilanjutkan ke Algiers dan melintasi Agadez sebelum akhirnya finis di Dakar. Reli Dakar pertama dimulai pada tanggal 26 Desember 1978. Dengan 182 kendaraan dari Place du Trocadero, Paris, Prancis hingga perjalanan sejauh 10.000 kilometer ke tempat yang tidak diketahui.

Vehicle and Classes

Motorbikes


Pada 2011, batas kapasitas mesin untuk semua sepeda motor yang berkompetisi di Reli Dakar adalah 450cc. Mesin dapat berupa silinder tunggal atau kembar. Penunggang dibagi menjadi dua grup, "Elite" (Grup 1) dan Non-Elite (Grup 2), dengan yang terakhir dibagi lagi menjadi dua grup lebih lanjut - kelas "Produksi Super" (Grup 2.1) dan "Marathon" (Grup 2.2) . 

Quads


Sebelum 2009, Quads adalah subdivisi dari kategori sepeda motor, tetapi mereka diberikan klasifikasi terpisah pada tahun 2009 dan ditetapkan sebagai Grup 3 dalam peraturan saat ini. Mereka dibagi menjadi dua subkelompok - Grup 3.1, yang menampilkan quad-wheel drive quads dengan mesin silinder tunggal dengan kapasitas maksimum 750cc, dan Grup 3.2, yang memungkinkan quad-wheel drive dengan kapasitas mesin maksimum 900cc, baik di tata letak silinder tunggal atau kembar.

Cars


Pada kelas ini terdapat kendaraan dengan bobot kurang dari 3,500 Kg dan dibagi menjadi beberapa group:
T1 merupakan “Improved Cross Country Vehicle”
T2 merupakan “Cross-Country Series Production Vehicle”
T3 merupakan “ Light Vehicle”

Trucks


Sebenarnya “trucks” disini masih tergolong golongan “cars” dengan klasifikasi t4 namun karna spesifikasi berbeda dengan bobot yang harus melebihi 3,500 Kg


UTVs


UTV ini merupakan contoh dari divisi T3 pada “cars” namun setelah tahun 2017 UTV merupakan divisi independen


You May Also Like

0 komentar