Fakta Unik Tentang F1

by - 8:13 PM


 Balap Formula1 || ilustrasi || gparena.com

FORMULA One merupakan salah satu ajang balap mobil tersohor di dunia. Dalam balapan ini, semua pesertanya dan bahkan mobil balapnya harus mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan. Mobil yang ikut serta dalam perlombaan F1 harus berdasarkan efisiensi suspensi, ban, kelistrikan dan aerodinamis. Tanpa itu semua, mobil F1 tidak dapat berjalan dengan sukses di trek perlombaan.
Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang F1 yang masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang :
1. Sirkuit tercepat perlombaan F1 adalah Monza dengan catatan kecepatan tertinggi 375 km/jam.
2. Mobil F1 dapat berakselarasi dari 0 hingga 200 km/jam dan dapat kembali lagi ke 0 km/jam hanya dalam waktu 7 detik.
3. Saat peserta balap melakukan pengereman mobil secara sempurna membutuhkan kurang lebih jarak 55 meter dan waktu 1,9 detik untuk berhenti.
4. Pembalap F1 secara signifikan kehilangan berat badan mereka disebabkan dehidrasi yang dialami saat berlangsungnya balapan pada cuaca panas.
5. Damon Hill adalah satu-satunya pembalap F1 yang dapat memenangkan kejuaraan F1 tanpa memimpin di satu putaran pun.
6. Juan Manuel Fangio adalah pembalap F1 tertua yang memenangkan kejuaraan, yaitu saat beliau berusia 46 tahun.
7. Nigel Mansell adalah satu-satunya pembalap F1 yang kalah dalam kejuaraan meskipun Ia memimpin di setiap putaran.
8. Emerson Fittipaldi dari Brazil adalah pengemudi F1 termuda.
9. Kurang lebih sekitar 80.000 komponen mobil dikombinasikan menjadi satu dengan akurasi yang tepat untuk memproduksi mobil F1. Bahkan jika terjadi sedikit kesalahan saat merakit komponen-komponen tersebut, mobil tidak akan dapat melaju di trek balap.
10. Mesin dari mobil balap memiliki umur yang sangat singkat. Mesin-mesin mobil F1 hampir rusak pada seluruh bagian setelah melalui satu kali perlombaan.
11. Rem mobil balap F1 terbuat dari cakram yang berbahan serat karbon.
12. Roda mobil balap F1 lebih banyak terdiri dari nitrogen daripada udara normal, nitrogen memili tekanan yang lebih konsisten. Roda mobil F1 juga memiliki umur yang sangat singkat sama seperti mesin mobilnya. Roda-roda tersebut dapat bertahan sekitar 90-120 km.
13. Sekitar 1 kilometer kabel elektrik digunakan untuk menghubungkan 100 sensor dan aktuator pada mobil balap. Semua sensor dan aktuator yang berhubungan digunakan untuk mengontrol dan memonitor penampilan mobil F1.
14. Penggunaan girboks otomatis boleh dipasangkan pada mobil F1.
15. Suhu di dalam kokpit mobil F1 selama balapan berlangsung dapat mencapai 55 derajat Celcius.

You May Also Like

0 komentar