Aleix Espargaro Apresiasi Bantuan Maverick Vinales di Q2

by - 3:02 PM

Aleix Espargaro Apresiasi Bantuan Maverick Vinales di Q2


    Aleix Espargaro mengincar pole position MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (15/10/2022). Sayang, rekannya dalam skuad Aprilia, Maverick Vinales, yang sebenarnya ingin membantu, justru menghalangi.

Salah satu adegan penting dalam kualfikasi kedua (Q2) Grand Prix Australia terjadi pada hari Sabtu: Maverick Vinales membuat skema untuk Aleix Espargaro agar bisa memanfaatkan slipstream darinya.

Tetapi di sektor terakhir, mereka berada terlalu dekat satu sama lain. Kendati demikian, itu sudah cukup bagi Espargaro untuk mengamankan posisi keempat untuk balapan GP Australia, Minggu (16/10/2022).

“Terima kasih kepada Maverick (Vinales). Dia membantu saya. Sayangnya, dia punya beberapa masalah, jadi saya menghampirinya terlalu cepat di tikungan terakhir. Saya harus melepas gas, jika tidak kami akan bertabrakan,” Espargaro menjelaskan.

“Saat itu motor saya mulai sliding dan saya kehilangan pole. Saya lebih dari sepersepuluh di bawah waktu (Jorge) Martin sebelumnya. Saya bisa saja merebut pole, tetapi begitulah adanya. Saya juga mendapatkan slipstream Maverick, jadi saya senang.”

Menatap balapan Minggu, Aleix Espargaro memperkirakan pertarungan di Phillip Island akan berlangsung sengit. Apalagi mengingat sebagian besar pembalap elite start dari 10 besar grid.

“Pada bagian pertama race pasti ada pertarungan grup. Enam sampai delapan rider bakal bertarung untuk 15 lap. Tetapi memasuki enam sampai delapan putaran terakhir akan ada perbedaan karena keausan ban tinggi,” Spaniard memberikan prediksi.

“Pembalap yang dapat melaju cepat dan juga mengelola ban dengan baik, dalam prosesnya akan jadi yang terdepan. Martin kencang, (Johann) Zarco juga. Saya pikir pace (Marco) Bezzecchi sangat bagus. Saya juga tak bisa lupakan para penantang gelar.

“Tentu saja saya memiliki peluang dalam kejuaraan, namun saya tidak ada beban. Saya tertinggal 20 poin. Dua kandidat lainnya (Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia) mungkin mengurangi agresivitasnya. Saya akan menyerang dan coba ambil risiko.”

Lantas, apakah pembalap yang kini menempati peringkat ketiga dalam klasemen MotoGP 2022 itu sudah memutuskan ban yang bakal digunakannya untuk balapan 27 lap di Phillip Island?

“Ban belakang soft bukan opsi bagi saya. Dengan kompon medium dan hard saya bisa melaju cepat. Tetapi ketahanan keduanya berbeda. Pada akhirnya, tergantung pilihan Pecco (Bagnaia) dan Fabio (Quartararo), saya akan pakai ban yang berbeda.”

Sumber: id.motorsport.com

You May Also Like

0 komentar