Alonso Berjaya di Barcelona

by - 7:11 PM

Fernando Alonso tampil cemerlang di seri F1 GP Spanyol (Foto: Reuters)BARCELONA - Tampil di hadapan publik sendiri, Fernando Alonso tampil brilian pada seri F1 GP Spanyol. Pembalap Ferrari itu berdiri di podium utama dan mengklaim kemenangan keduanya.

Sirkuit Catalunya jadi saksi kehebatan Alonso, Minggu (12/5/2013). Mengawali start dari urutan lima, Alonso langsung melejit ke posisi tiga di tikungan ketiga. Dia sukses melewati Kimi Raikkonen dan Lewis Hamilton, untuk membuntuti Sebastian Vettel dan Nico Rosberg di posisi terdepan.

Memasuki lap ke-12, Alonso kembali menyerang. Kali ini dia sukses melewati Rosberg di turn 1 untuk mengklaim posisi terdepan. Setelah itu, Ferrari memainkan peran dengan strategi empat pit stop, The Spaniard sukses menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finish, setelah melewati Kimi Raikkonen di lap ke-39. Ini merupakan ulangan sukses Alonso pada 2006 lalu, ketika dia juga juara di Barcelona saat masih di Renault.

Tempat kedua menjadi milik Kimi Raikkonen yang juga tampil ciamik dengan Lotusnya. Pembalap Finlandia ini sukses melewati Hamilton di lap ke-7 dan kemudian memainkan strategi tiga pit untuk mengklaim podium dua.

Ferrari benar-benar tampil brilian pada balapan yang berlangsung dalam cuaca cerah. Felipe Massa yang harus turun ke posisi 9 (dari urutan enam), akibat menghalangi Mark Webber pada sesi kualifikasi, tampil tak kalah apik.

Pembalap Brasil ini sukses menaklukan Sebastian Vettel dalam persaingan memperebutkan podium ketiga. Setelah memanfaatkan pit stop yang diambil Vettel pada lap ke-39, Massa tak lagi bisa dikejar Vettel yang harus puas berada di urutan empat.

Rekan setim Vettel, Mark Webber mengklaim posisi lima, diikuti Rosberg yang untuk kali kedua gagal menang meski mengawali start dari posisi terdepan (seperti pada GP Bahrain).

Paul Di Resta dari tim Force India berada di posisi tujuh, diikuti duo McLaren Jenson Button dan Sergio Perez di urutan sembilan. Lewis Hamilton yang mengambil start di urutan dua harus menerima kenyataan hanya finish di urutan 12.

Dengan hasil ini, Alonso naik ke urutan tiga klasemen sementara pembalap dengan koleksi 72 poin. Sementara itu, Vettel yang hanya finis keempat masih mengamankan posisinya di puncak klasemen dengan 89 poin, diikuti Kimi Raikkonen di tempat kedua dengan 85 poin.

Hasil lengkap F1 GP Spanyol:
Pos  Driver        Team

 1.  Alonso         Ferrari
 2.  Raikkonen      Lotus-Renault
 3.  Massa          Ferrari
 4.  Vettel         Red Bull-Renault
 5.  Webber         Red Bull-Renault
 6.  Rosberg        Mercedes
 7.  Di Resta       Force India-Mercedes
 8.  Button         McLaren-Mercedes
 9.  Perez          McLaren-Mercedes
10.  Ricciardo      Toro Rosso-Ferrari
11.  Gutierrez      Sauber-Ferrari
12.  Hamilton       Mercedes
13.  Sutil          Force India-Mercedes
14.  Maldonado      Williams-Renault
15.  Hulkenberg     Sauber-Ferrari
16.  Bottas         Williams-Renault
17.  Pic            Caterham-Renault
18.  Bianchi        Marussia-Cosworth
19.  Chilton        Marussia-Cosworth
DNF  Vergne         Toro Rosso-Ferrari
DNF  van der Garde  Caterham-Renault
DNF  Grosjean       Lotus-Renault (acf)

You May Also Like

0 komentar