Peter Sauber Kembali Pimpin Tim BMW Sauber

by - 9:51 PM


PARIS, — BMW Sauber akan mengisi posisi Toyota di ajang balap mobil F1 pada 2010. Hal ini disampaikan Federasi Otomobil Internasional atau FIA, Kamis (3/12) di Paris, Perancis.

"FIA telah memberitahu secara resmi kalau BMW Sauber AG telah berhasil melakukan aplikasi," demikian pernyatan dari federasi tersebut. Intinya, mereka siap berlaga di arena jet darat karena (BMW Sauber) menandatangani Concorde Agreement. Mereka menjadi peserta ke-13 dengan menggantikan posisi Toyota.

Keputusan FIA muncul beberapa minggu setelah mantan pemilik tim Sauber, Peter Sauber, mengambil BMW Sauber pada dua bulan setelah tim F1 asal Swiss itu dijual ke Qadback Investment Ltd. Mereka membelinya pada September lalu dengan harga 116,8 juta dollar AS. Sementara itu, BMW tidak memberi penjelasan mengenai alasan yang membuat mereka menjalin kesepakatan dengan Qadback.

Peter Sauber (66), setelah kesepakatan, mengatakan bahwa ia bisa bekerja dengan tenang di bawah perusahaan yang bermarkas di Inhill, Swiss, itu. Sebagaimana diketahui, Sauber sudah menggeluti F1 sejak 1970-an sampai akhirnya menjual tim Sauber yang didirikannya pada 1993 itu.

"Ini berita bagus untuk semua anggota tim setelah berminggu-minggu nasib tim tidak menentu," ujar Sauber. Menurut Sauber, sekarang mereka bisa melakukan negosiasi yang lebih nyata untuk urusan pebalap dan sponsor. Sebab, kedua pebalap sebelumnya tidak bisa dipertahankan. "Robert Kubica hengkang ke Renault, sedangkan masa kontrak Nick Heidfeld habis," papar Sauber.


sumber : kompas

You May Also Like

0 komentar