Bagaimana traksi, bukan kecepatan tertinggi, membuat Verstappen tetap di depan Sainz

by - 4:25 PM

 Bagaimana traksi, bukan kecepatan tertinggi, membuat Verstappen tetap di depan Sainz

    Christian Horner percaya traksi mobil Formula 1 Red Bull yang keluar dari tikungan adalah kunci kemenangan Max Verstappen di Grand Prix Kanada, bukan kecepatan tertingginya.
        



    Verstappen mencetak kemenangan keenamnya di musim 2022 dan keenam Red Bull berturut-turut dengan menangkis pembalap Ferrari Carlos Sainz dalam sprint 16 putaran terakhir di Montreal pada Minggu. Verstappen tampaknya akan mengalahkan Sainz dengan strategi two-stop, hanya untuk periode safety car yang terlambat untuk memberi Ferrari kesempatan untuk melakukan pemberhentian kedua dan mengatur pertarungan terakhir ke garis. Meski memiliki keunggulan ban lima lap dan keunggulan DRS sepanjang tahap penutupan, Sainz tidak bisa cukup dekat untuk mencoba dan melewati Verstappen. Kecepatan garis lurus mobil Red Bull RB18 telah menjadi salah satu aset terbesarnya sepanjang tahun ini, tetapi kepala tim Horner merasa bahwa traksi yang lebih besar dari tikungan yang berarti Verstappen dapat menahan Sainz.
“Sektor pertama sangat penting, dan traksi dari Tikungan 10 yang sangat penting,” jelas Horner.
“Dia tidak pernah lebih dekat dari 0,6 detik, dan saat itulah dia paling dekat untuk mencoba. Itu 0,7, 0,8, Max tidak pernah bisa memecahkan detik ajaib.
“Ferrari sangat, sangat bagus saat melewati trotoar. Dia mampu mengambil banyak kecepatan melewati trotoar. Dan dengan zona DRS di punggung lurus dan juga dua di atas sini, itu membuat Anda tetap bermain.”
    Verstappen akhirnya melewati garis 0,993 detik dari Sainz untuk meraih kemenangan, memperpanjang keunggulannya di puncak kejuaraan pebalap menjadi 46 poin.
Diminta oleh Autosport untuk menjelaskan taktiknya pada tahap penutupan, Verstappen mengatakan dia fokus untuk menguasai sektor pertama sehingga dia bisa menarik cukup celah sebelum zona DRS pertama
“Anda harus selalu memastikan bahwa Anda tahu tempat di mana dia memiliki DRS, Anda memiliki jalan keluar yang baik di tikungan sebelumnya,” kata Verstappen.
“Ini semua tentang benar-benar mendorong ke batas dan tidak membuat kesalahan secara umum. Karena saya tahu apa bahkan di sektor satu, jika saya membuat kesalahan kecil, Carlos akan mendapatkan sepersepuluh dari saya, dan itu mungkin cukup untuk kemudian mendekat di zona DRS pertama, dan kemudian di [zona DRS kedua] ].
“Itu balapan yang tepat, dorongan yang tepat. Dan maksud saya, saya mengalami saat-saat di mana saya mengalami sedikit oversteer, dan kemudian saya melihat ke cermin dan melihat Carlos mengalami jumlah momen yang sama.
"Itu benar-benar di tepi, tapi itu bagus untuk dilihat."


Sumber; autosport.com

You May Also Like

0 komentar