FAIRING DAN WINGLET PADA MOTOGP

by - 6:48 PM


FAIRING DAN WINGLET PADA MOTOGP

Apa itu Fairing?
Fairing pada sepeda motor adalah sebuah lapisan yang ditempatkan pada sepeda motor terutama pada balapan motor dengan tujuan mengurangi hambatan udara.
Bentuk fairing seperti gambar dibawah ini.

Apa itu Winglet?
Winglet itu semacam sayap kecil yang ada pada bagian depan agak bawah motor di motogp guys, yang ditunjukkan gambar dibawah.

Nahhh, terus, kegunaannya di dalam balap motogp apa sih?
Kalo kegunaannya ada banyak guys.
Fairing berfungsi untuk mengurangi hambatan angin saat motor pada kecepatan tinggi. Selain itu, fairing berfungsi untuk ,menyalurkan angin ke bagian mesin yang membutuhkan pendinginan.
Kalo winglet, berfungsi untuk meningkatkan downforce pada motor. Bentuk nya winglet ini seperti sayap pesawat yang terbalik nih guys.

Kenapa harus ada diberi gaya tekan lebawah? Itu dikarenakan, pada motogp, mesin yang digunakan memiliki tenaga yang luar biasa sehingga saat akselerasi dapat menyebabkan ban depan terangkat.
 Ooo, begitu ya kak, jadi fairing dan winglet ini dapakai di motor yang digunakan untuk motogp yaa?
Awalnya sih tidak ada aturan untuk penggunaan winglet, lalu Ducati Corse merancang winglet pada motornya yang kemudia mendapatkan protes keras di motogp 2017. Pihak penyelenggara MotoGP ini menilai, jika penggunaan winglet dapat membahayakan keselamatan pada riders.

(Winglet ducati yang mendapat protes keras)
Oleh karena itu, penggunaan winglet pada motogp 2018 sekarang masih dilarang, kalo untuk fairing, Secara regulasi, setiap tim juga harus membuat fairing lebih lebar 600mm, dan tidak diperbolehkan berbentuk seperti sayap menyerupai winglet.


You May Also Like

0 komentar