Technology Highlight 2015

by - 9:39 PM

Lampu Laser Audi R8 LMX
Satu modul laser ini terdiri dari empat dioda laser yang memiliki tingkat pencahayaan yang jauh lebih tinggi dari LED biasa. Dengan diameter 300 mikrometer, lampu laser Audi bisa menghasilkan sinar laser biru dengan panjang gelombang 450 nanometer. Sebuah fosfor converter mengubah cahaya menjadi putih dengan suhu warna 5.500 Kelvin pada kondisi ideal. Alhasil mata pengemudi lebih mudah melihat dan tidak cepat lelah.
Instrumen LCD
Selama ini, instrumen dan indikator kendaraan, seperti speedometer menjadi hal pokok di dalam kabin kendaraan. Fungsinya pun masih konservatif sebatas indikator dan alat bantu pengemudi. Di ajang CES 2015, Sharp memperkenalkan instrumen baru yang berbasis LCD. Kini, pengemudi tak lagi sekedar disuguhi instrumen konservatif yang membosankan. Para desainer kendaraan pun dapat dengan leluasa untuk menelurkan gagasan mereka lewat desain-desain instrumen yang semakin bervariatif. 
Komputasi Berbasis Cloud
Era Komputer telah lama masuk ke dalam kabin kendaraan. Kini, pabrikan otomotif pun berupaya untuk terus menyempurnakannya. Salah satu yang menarik perhatian di CES 2015 adalah penyertaan fitur Cloud di dalam kendaraan. Informasi yang membutuhkan data besar tentu mampu difasilitasi oleh fitur satu ini. Di masa depan, salinan data perjalanan, peta, hingga informasi lalu lintas yang semakin komprehensif akan mampu didapat menyertai penyertaan fitur Cloud di dalam kendaraan.
Teknologi Otonomos
Teknologi otonomos merupakan teknologi yang sanggup mengendalikan mobil tanpa bantuan manusia. Mobil otonomos dianggap punya kemampuan kembali ke rumah tanpa awak. Berbagai perusahaan telah mengembangkan mobil otonomos, seperti Audi, Mercedes-Benz, Ford, General Motors, dan Toyota. Tidak hanya itu, perusahaan komponen Bosch dan perusahaan internet Google juga terus berlomba-lomba memoles teknologi ini agar bisa digunakan di dunia nyata.
Teknologi OLED
OLED atau Organic LED sebagai kelanjutan dari LED kini turut masuk ke dalam industri roda empat. Dengan kemampuannya yang semakin canggih, teknologi ini mampu berperan ganda, baik untuk diaplikasikan pada bagian interior maupun eksterior kendaraan. OLED yang konon lebih mudah diaplikasikan karena dapat menyesuaikan kontur interior, juga semakin hemat energi sehingga  cocok untuk digunakan di dalam kendaraan. Banyak digunakan sebagai fungsi sinar ambient di dalam interior kendaraan modern, fungsi dari OLED dipastikan akan semakin luas seiring dengan berkembangnya fitur-fitur kendaraan di masa depan.

You May Also Like

0 komentar