GOKART

by - 11:08 PM

       Hallo bloggers, kali ini kita bakal membahas tentang salah satu olahraga otomotif yang udah ga asing bagi warga Indonesia, yaitu GOKART!.

Nah apasih gokart itu?

Gokart adalah varian dari kendaraan roda empat atap terbuka sederhana dan kecil untuk olahraga otomotif. Gokart biasanya berpacu di sirkuit skala kecil. Balapan gokar biasanya dianggap sebagai batu loncatan untuk olahraga motor yang lebih tinggi dan lebih mahal.

       Pada umumnya kendaraan gokart ini kerangkanya terbuat dari tabung dengan material baja. Dibawah ini merupakan kerangka mobil GOKART.


       GoKart tidak memiliki diferential. Tidak adanya diferential berarti bahwa salah satu ban belakang harus tergelincir saat menikung, hal ini bisa dicapai dengan merancang rangka sehingga dapat mengangkat sedikit ban belakang bagian dalam ketika kart menikung . Hal ini memungkinkan ban kehilangan sebagian dari cengkeraman dan tergelincir atau mengangkat dari tanah sepenuhnya.

     Daya disalurkan dari mesin ke as roda belakang melalui rantai (beberapa penyewaan menggunakan sabuk). Baik puli mesin dan poros bisa dilepaskan, rasio mereka bisa disesuaikan sesuai dengan konfigurasi sirkuit untuk mendapatkan hasil maksimal.

          Pada awal perkembangan gokart, daya akan langsung diteruskan ke roda, tapi untuk menutup beberapa ketidaknyamanan maka segera digunakan kopling sentrifugal. Kopling sentrifugal kering kini digunakan dalam banyak kategori (Rotax Max adalah salah satu contoh) dan telah menjadi sesuatu yang jamak ketika bagian kelas atas internasional harus beralih ke mesin 125 cc berkopling pada Januari 2007.

            Gokart memiliki beberapa jenis ban yang digunakan pada saat race yaitu:

1. Ban Mulus / Slick, untuk cuaca kering. Di tingkat internasional ban ini ada yang paling lembut dan ada yang paling keras. Ban Slick gokart terdiri dari berbagai senyawa, dari yang sangat lembut (maksimum grip) yang sangat keras (gokart hiburan dan gokart sewaan, cengkeraman kurang tapi lebih awet).

2.  Ban Hujan atau "ban basah", untuk keadaan basah. Mereka beralur, terbuat dari senyawa lembut, dan lebih langsing daripada ban slicks. Tidak semua kelas balap memungkinkan ban hujan.

3. Ban Khusus, seperti ban berduri untuk kondisi es, atau "ban potong" bercengkeraman tinggi untuk kondisi sirkuit tanah liat. "ban potong" adalah ban slicks yang dimodifikasi menggunakan mesin bubut untuk mengoptimalkan cengkraman.
    
            Nah bloggers sekian dulu nih sharing-sharing tentang gokartnya. Semoga bermanfaat buat kawan-kawan bloggers. See ya! 

You May Also Like

0 komentar