GOKART
Hallo bloggers, kali ini kita bakal membahas tentang salah satu olahraga otomotif yang udah ga asing bagi warga Indonesia, yaitu GOKART!.
Nah apasih gokart itu?
Gokart adalah varian
dari kendaraan roda empat atap terbuka sederhana dan kecil untuk olahraga
otomotif. Gokart biasanya berpacu di sirkuit skala kecil. Balapan gokar
biasanya dianggap sebagai batu loncatan untuk olahraga motor yang lebih tinggi
dan lebih mahal.
Pada umumnya kendaraan gokart ini kerangkanya terbuat dari tabung dengan material baja. Dibawah ini merupakan kerangka mobil GOKART.
GoKart tidak memiliki diferential. Tidak adanya
diferential berarti bahwa salah satu ban belakang harus tergelincir saat
menikung, hal ini bisa dicapai dengan merancang rangka sehingga dapat
mengangkat sedikit ban belakang bagian dalam ketika kart menikung . Hal ini
memungkinkan ban kehilangan sebagian dari cengkeraman dan tergelincir atau
mengangkat dari tanah sepenuhnya.
Daya disalurkan dari mesin ke as roda belakang melalui rantai
(beberapa penyewaan menggunakan sabuk). Baik puli mesin dan poros bisa
dilepaskan, rasio mereka bisa disesuaikan sesuai dengan konfigurasi sirkuit
untuk mendapatkan hasil maksimal.
Pada awal perkembangan gokart, daya akan langsung diteruskan
ke roda, tapi untuk menutup beberapa ketidaknyamanan maka segera digunakan
kopling sentrifugal. Kopling sentrifugal kering kini digunakan dalam banyak
kategori (Rotax Max adalah salah satu contoh) dan telah menjadi sesuatu yang
jamak ketika bagian kelas atas internasional harus beralih ke mesin 125 cc
berkopling pada Januari 2007.
Gokart memiliki beberapa jenis ban yang digunakan pada saat race yaitu:
1. Ban Mulus / Slick, untuk cuaca kering. Di
tingkat internasional ban ini ada yang paling lembut dan ada yang paling keras.
Ban Slick gokart terdiri dari berbagai senyawa, dari yang sangat lembut
(maksimum grip) yang sangat keras (gokart hiburan dan gokart sewaan,
cengkeraman kurang tapi lebih awet).
2. Ban Hujan atau "ban basah", untuk
keadaan basah. Mereka beralur, terbuat dari senyawa lembut, dan lebih langsing
daripada ban slicks. Tidak semua kelas balap memungkinkan ban hujan.
3. Ban Khusus, seperti ban berduri untuk kondisi
es, atau "ban potong" bercengkeraman tinggi untuk kondisi sirkuit
tanah liat. "ban potong" adalah ban slicks yang dimodifikasi
menggunakan mesin bubut untuk mengoptimalkan cengkraman.
Nah bloggers sekian dulu nih sharing-sharing tentang gokartnya. Semoga bermanfaat buat kawan-kawan bloggers. See ya!
0 komentar